Categories
Bisnis

Istilah Seputar Kemasan Kardus yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Order

kardus memang menjadi salah satu opsi kemasan terbaik untuk saat ini. Kemasan yang memiliki varian yang begitu beragam ini memang lebih mudah untuk disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Tak heran jika kemasan yang juga sering disebut dengan box ini menjadi perhatian baik bagi konsumen bisnis maupun perorangan.

kardus

Ingin Memesan Kardus, Kenali Dulu Istilah-Istilahnya

Pengguna kemasan kardus memang banyak datang dari kalangan bisnis yang ingin mengemas produk sebaik mungkin demi kepuasan konsumen. Namun tak sedikit pula pemesan kemasan khas ini datang dari kalangan perorangan untuk kebutuhan pribadi. Dan tak menutup kemungkinan pula, ada berbagai istilah tentang kemasan ini yang belum diketahui.

Ya, pada saat akan memesan suatu kemasan pada penyedia, Anda akan disodori katalog produk dengan berbagai macam detail yang mungkin membuat Anda bingung. Untuk itu, Anda bisa menyimak beberapa istilah berikut ini agar lebih memudahkan Andamendapatkan kardus sesuai keinginan dan kebutuhan. Berikut diantaranya;

  • Flap; bagian dari kemasan ini bisa dikatakan sebagai penutup yang biasa dijumpai pada jenis kardus overlap, full overlap dan standard. Tentu saja flap yang bagus adalah yang bisa menutup sempurna.
  • Slot; bagian yang juga sering disebut sebagai slotter ini memilih fungsi untuk memisahkan antar flap.
  • Creasing; bagian dalam yang berupa lipatan untuk memudahkan proses membentuk atau melipat kardus. Lipatan ini diukur dengan kedalaman berbeda sesuai ketebalan, dan terbaggi ke dalam 3 macam yaitu point flat, point to point dan three point yang dapat diatur sesuai kebutuhan.
  • Substance; berbeda dengan gramatur, substansi adalah material kardus tersebut yang kemudian dijabarkan sesuai jenis kertas dan gramasi kertas yang digunakan. Substance tertera pada spesifikasi kardus lam mekanisme yang spesifik, contoh K150/M125/K125 (lapis luar Kraft 150 gsm, lapis tengah Medium 125gsm dan lapis dalam Kraft 125gsm).
  • Gramatur; menjadi bagian dari substansi di atas, istilah ini mengacu pada kualitas kertas yang menjadi bahan dari kemasan kardus tersebut. Istilah ini menyebutkan jumlah gram untuk tiap meter persegi kertas dengan satuan gram per square meter (gsm). Contoh 1 meter persegi kertas memiliki bobot 150gram, maka gramatur dari kertas ini adalah 150gsm.

Setelah mengetahui beberapa istilah di atas, kini Anda pun dapat memesan kualitas kardus yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Anda pun bisa lebih leluasa dalam melihat-lihat dan membandingkan katalog produk kemasan yang ditawarkan oleh suatu pabrik kardus ataupun layanan pembuatan kemasan berbasis karton lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *